Berita Heboh Indonesia
Trump Sebut Iran Negara Gagal Karena Sanksi Luar Biasa AS
Internasional

Trump Sebut Iran Negara Gagal Karena Sanksi Luar Biasa AS

Heboh.co.id, Caen – Iran disebut gagal sebagai negara pasca Washington memberlakukan sanksi yang luar biasa kuat pada tahun lalu. Hal tersebut dinilai oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terkait kondisi negara para Mullah tersebut.

Trump mengatakan, hal-hal bisa berubah dengan cepat jika ada pembicaraan dengan para pemimpin di Teheran. “Ketika saya menjadi presiden, Iran adalah negara yang benar-benar teror. Mereka masih dan tak terbantahkan menjadi juara teror,” ucap Trump kepada wartawan sebelum mengadakan pembicaraan bilateral dengan Presiden Prancis, Emmanuel Macron di Caen, Prancis barat.

“Mereka gagal sebagai sebuah bangsa, tetapi saya tidak ingin mereka gagal sebagai sebuah bangsa. Kita dapat membalikkan itu dengan sangat cepat, tetapi sanksi-sanksi itu luar biasa (dalam hal) betapa kuatnya itu,” sebut Trump, seperti dikutip Al Jazeera, Jumat (7/6/2019).

Ditekankan pula bahwa Macron dan Trump tidak ingin Iran memperoleh senjata nuklir. Macron menyebut Prancis dan AS juga ingin mengurangi program rudal balistik Iran serta mencapai perdamaian di kawasan Timur Tengah. “Saya pikir kami memiliki tujuan yang sama dengan Iran. Kami memiliki kesepakatan hingga 2025 dan kami ingin melangkah lebih jauh dan memiliki kepastian penuh dalam jangka panjang,” papar Macron.

“Untuk membangun kita perlu memulai negosiasi. Kita perlu membuka negosiasi baru,” tambahnya.

Kedua pemimpin negara tersebut berusaha untuk menghindari perselisihan mereka atas perjanjian nuklir 2015 antara Iran dan kekuatan dunia. Dalam hal ini AS telah keluar secara sepihak pada tahun lalu, namun negara lain di Eropa yang terikat masih berupaya untuk mempertahankannya.

Related posts

Pompeo Masih Ragu Kesepakatan Damai Bisa Berhasil

Adela Jasmine

Rusia Klaim Berhasil Uji Coba Rudal Pencegat Hipersonik Terbaru

Adela Jasmine

Untuk Pertama Kalinya China Luncurkan Roket Dari Kapal Laut

Adela Jasmine

Leave a Comment