Berita Heboh Indonesia
OJK Paparkan Tips Aman Meminjam Uang Secara Online
Keuangan

OJK Paparkan Tips Aman Meminjam Uang Secara Online

Heboh.co.id, Jakarta – Pada jaman yang sudah serbag canggih seperti sekarang ini, semua hal menjadi lebih mudah. Salah satunya terkait meminjam uang secara online. Namun, kemudahan tersebut tidak serta merta menjadikan pengguna bisa lebih nyaman. Jadi sudah semestinya jika memilih penyedia yang memang benar-benar bisa dipercaya.

Sebagai pengguna yang lebih cerdas, tentunya harus dilakukan pengumpulan informasi terlebih dahulu. Sehingga tidak menimbulkan kerugian atau hal yang bisa memberatkan. Nah dari sini pihak Jasa Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan tips sederhana supaya terhindar dari hal yang tidak di inginkan. Seperti apa dan bagaimana? Berikut tips selengkapnya.

1. Wajib Terdaftar dan Mempunyai Izin dari OJK
Hal pertama yang perlu dilakukan ialah dengan mengecek legalitas pemberi pinjaman pada halaman resmi OJK. Hal tersebut merupakan bentuk komitmen OJK yang tertera pada aturan resmi sehingga penyedia jasa wajib menerapkan prinsip dasar perlindungan konsumen. Terkait dengan transparansi, perlakukan adil, keandalan, serta kerahasiaan ataupun keamanan data / informasi konsumen.

2. Pinjam Sesuai Yang Dibutuhkan
Tips selanjutnya ialah dengan melakukan pinjaman uang secara kebutuhan produktif, intinya tidak menerapkan kebutuhan konsumtif. Perhitungkan pula total penghasilan bulanan, jangan sampai pinjaman yang dilakukan melebih 30 persen dari penghasilan.

3. Bayar Cicilan Tepat Waktu
Jika tidak terdesak, ada baiknya menghindari pinjaman online. Jika sudah tiba masanya, maka segera dibayar untuk menghindari denda. Jika terlambat, bisa saja denda bunga akan memberatkan bagi konsumen.

4. Pelajari Kontrak Perjanjian
Sebelum melakukan perjanjian, ada baiknya membaca terlebih dahulu syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh penyedia pinjaman. Pelajari segala hal, mulai dari bunga, denda, dan lain-lainnya. Jika dirasa ada yang mencurigakan, ada baiknya mengecek pada laman resmi OJK.

Related posts

Sri Mulyani Berharap Momen Lebaran 2019 Bisa Dongkrak Ekonomi

Soni Putra

Leave a Comment