Berita Heboh Indonesia
Sri Mulyani Berharap Momen Lebaran 2019 Bisa Dongkrak Ekonomi
Keuangan

Sri Mulyani Berharap Momen Lebaran 2019 Bisa Dongkrak Ekonomi

Heboh.co.id, Jakarta – Pada momen lebaran tahun ini, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menaruh harapan sangat besar. Dimama momen tersebut diharap bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Lebaran pada umumnya akan meningkatkan konsumsi rumah tangga, sehingga secara tidak langsung bisa menyumbang kepada pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal kedua hingga sesuai target.

“Harapan saya di Lebaran ini agar pertumbuhan ekonomi Indonesia sesuai dengan target yang ditentukan oleh kita dalam APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) 2019,” jelas Menteri Sri Mulyani di Jakarta.

Dijelaskan lebih lanjut, ia juga menaambahkan bahwa Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sudah ciar per tanggal 24 Mei, hal tersebut bisa berdampak besar pada pertumbuhan ekonomi dalam negeri. Dengan demikian, bonus tersebut bisa menjadikan pertumbuhan ekonomi pada kuartal II mencapai level 5,1%.

“Target tersebut lebih baik dibanding realisasi pertumbuhan kuartal I 2019 yang hanya 5,07% karena pertumbuhan ekonomi ini akan didorong oleh konsumsi rumah tangga yang diyakini bisa bertahan di atas 5% per tahun,” paparnya.

Pada penuturannya, Sri Mulyani juga menyebut bahwa pengaruh THR terhadap konsumsi bisa melalui dua jalur. Yang pertama ialah belanja PNS sedangkan yang kedua ialah pendapatan produsen.

“Ketika PNS mulai membelanjakan uangnya, maka uang tersebut bisa memperbaiki pendapatan produsen, seperti baju atau makanan. Perbaikan pendapatan tersebut diharapkan bisa digunakan kembali untuk kegiatan konsumsi,” pungkasnya.

Related posts

OJK Paparkan Tips Aman Meminjam Uang Secara Online

Soni Putra

Leave a Comment